Selamat Datang di Blog Berkati Ndraha untuk Ono Niha terimakasih atas kunjungan anda. punya kritikan dan masukan yang membangun serta tulisan atau artikel silahkan kirim ke email kami harian_nias@yahoo.co.id

Minggu, 18 April 2021

CARA MELIHAT DATA YANG SUDAH DI INPUT OLEH ENUMERATOR APLIKASI PENDATAAN SDGS DESA DENGAN MENGGUNAKAN DASBOARD SDGS DESA?

dasboard Login SDGs Desa

Sahabat anak desa tentu akhir-akhir ini teman-teman Pokja Relawan Pendataan Desa pasti sibuk bukan? Tapi tetap semangat yahh, sebab yang sedang teman-teman kerjakan adalah pengabdian dan pekerjaan mulai dimana melalui hasil kerja keras teman-teman akan tergambarkan keadaan real wilayah dan warga desa kita tercinta berbasis data, dan data tersebut akan menentukan titik awal perencanaan desa kita untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sebelumnya berikut disampaikan peran Kepala Desa dan utamanya Sekretaris Desa sebagai Ketua Pokja Relawan Pendataan Desa.

  1. memantau dan mengawasi proses pelaksanaan pemutakhiran SDGs Desa

  2. memantau dan mengawasi proses pelaksanaan pemutakhiran SDGs Desa

  3. Menyiapkan data awal yang mencakup nama dan alamat dari keluarga dan warga desa (by name by address atau BNBA)

  4. Memantau, memberikan penjelasan dan motivasi, serta mengatasi masalah yang ditemui di lapangan

  5. Melakuan pengecekan terhadap seluruh hasil isian aplikasi kuesioner yang dihasilkan seluruh pendata

  6. Berhubungan dengan dengan Kementerian Desa PDTT, baik melalui pendamping desa maupun melalui Tim Sapa Desa, untuk melaporkan hasil kegiatan maupun dalam menyelesaikan masalah

Nah, dalam melaksanakan peran diatas Kepala Desa dan Ketua Pokja dapat memanfaatkan Dasboard SDGs Desa.

berikutnya kami sampaikan kepada teman-teman Sahabat Anak Desa pastikan untuk menginput, mengedit dan upload data Survey Desa, Survey RT, Survey KK dan Survey Individu di Aplikasi Pendataan SDGs Desa teman-teman menggunakan User ENUMERATOR. User dan Pasword ENUMERATOR dapat teman-teman dapatkan dari Tenaga Pendamping Profesional yang bertugas di Kecamatan dan di Desa teman-teman.

Berikut langkah-langkah untuk melihat/memonitoring data yang sudah diinput di Aplikasi Pendataan SDGs Desa oleh pendata/Enumerator :

  1. Pastikan Bapak/Ibu Kepala Desa sebagai Pembina dan Sekdes sebagai Ketua Pokja Relawan pendataan Desa telah memiliki User ADMIN DESA.
  2. Untuk melihat dan memonitoring seluruh hasil isian pendataan SDGs Desa oleh Pendata Bapak/Ibu silahkan masuk pada alamat web Api-SDGs Desa Dasboard Api SDGs Desa supaya layar kerjanya luas kami sarankan gunakan laptop kemudian pastikan dilaptop bapak ibu telah terkoneksi dengan jaringan internet, dan pastikan sumber hospotnya ada paket data internetnya klo tidak ada diisi dulu Hahaha ☺☺
  3. Silahkan masukan User dan Pasword ADMIN DESA yang terdaftar, kami ingatkan yang bisa akses ke Web Api-SDGs Desa hanya user ADMIN DESA.  
  4. Pada dasboard SDGs Desa akan muncul beberapa menu, antara lain Data Survey dengan sub menu : Survey Desa, Survey RT, Survey KK dan Survey Individu, maka untuk melihat salah satu sub menu klik saja sub menu yang diingikan.

Tampilan Dasboard SDGs Desa

Pilih salah satu menu-sub menu yang ingin di cek maka muncul tampilan seperti ini.

tampilan opsi pilihan tabel.

Langkah berikutnya silahkan pilih tabel mana yang mau ditampilkan lalu klik Toolbar “Tampil”, maka data yang telah diinput oleh pendata atau user Enumerator akan muncul.



Pada tabel Action tersebut diatas ada beberapa pilihan antara lain View, Edit dan delete silahkan digunakan sesuai keperluan. kemudian Data pada dasboad Admin Desa juga dapat di Export dalam bentuk File Excel.


Jangan Lupa juga singgahi Lapak Anak Desa Klik... "Merchandise SDGs Desa"